Validasi Template, Apakah Template Anda Lolos?

| Jumat, 06 April 2012
Kemarin iseng di facebook membuat status "mau ganti templet lagi ah....", eh ternyata akhirnya saya ganti juga templatenya. Lembur tadi malemuprek template standart blogger Minima, dan jadilah seperti ini. Meninggalkan sedikit sisi tampilan proffesional dan saya ingin kembali mengejar ke model personal sebagai perwakilan diri saya. Toh, yang penting semoga artikelnya tidak turun gregetnya...

Masih soal template, mungkin Anda tertarik untuk cek susunan template Anda lolos dengan Markup Validation Checker tidak. Alat ini akan membaca kode-kode di template Anda dan memberitahu tentang kode-kode yang tidak sesuai aturan standart. Jangan salah, tidak mematuhi aturan standart bukan berarti kode Anda tidak berfungsi. Bisa saja kode Anda tetap berfungsi, namun ternyata kode dalam template Anda tidak sesuai dengan pertauran-peraturan dasar penulisan kode HTML, Javascript ataupun CSS.

Saya sendiri bukan orang yang master dan paham dalam soal coding seperti ini, apalagi ditambah saya tidak tlaten untuk cek kode saya baris perbaris. Tapi... Bagi Anda yang telaten itu akan sangat membantu posisi Anda di Google, karena template yang lolos validasi, artinya template itu sehat dan akan mendapat nilaiplus dari Google. Sedangkan template yang tidak lolos validasi, bisa dikatakan adalah template cacat seperti template saya ini :D. Hehehe... Ditemukan 164 error dan 172 peringatan. Belum lagi ketika masuk ke halaman postingan.


Mari... bersama kita mencoba check Template kita, berikut link-link yang bisa Anda gunakan:
W3 Markup Validation Service
W3 Feeds Validator
W3 Css Validator
W3 Mobile Validator

Atau mungkin Anda bisa menambahkan Addons Firefox: HTML Validator. Setelah Anda menginstall Addons ini, silahkan Klik Kanan kemudian pilih View Page Source (atau CTRL+U) untuk melihat laporan validasi HTML Anda.

Sekali lagi, Anda akan mendapatkan hasil lebih maksimal di mesin pencari, akses terjaga dan kredibilitas ketika berhasil lulus validasi, namun bagi Anda yang kesulitan ataupun bingung ataupun tidak telaten, tidak usah takut karena hal ini hanya sebagian kecil faktor dari begitu banyak faktor pembanding bersang di Google. Salam fresh...

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲