Firesizer, Test Tampilan Blog di Berbagai Resolusi

| Jumat, 06 April 2012
Salah satu yang paling menantang bagi web designer adalah membuat blog mereka selalu tampil bagus di berbagai resolusi. Blog ini pun masih sangat jelek dari segi ini, karena blog ini hanya ramah pada resolusi tertentu. Untuk template simple kita bisa mengakali dengan merubah satuan template menjadi percentage(baca: Lebar Blog Fleksibel di Monitor Biasa Atau Laptop), namun ini menuntut perhitungan yang sangat teliti. Salah-salah, malah bisa membuat blog Anda hancur di browser tertentu. Bagaimana dengan blog Anda? Apakah Tampilan Blog Anda Ramah Untuk Semua Resolusi? Mari kita tes dengan plugins/addons Firefox bernama Firesizer.

1. Klik untuk download ke Firesizer
2. Klik tombol Add to Firefox dan tunggu sampai proses instalasi selesai.
3. Jika Instalasi sudah selesai, silahkan restart Firefox Anda.

Penggunaan...
Setelah terinstall Anda akan mendapatkan menu baru di bagian kanan bawah browser Anda, sejajar dengan status bar. Silahkan buka Blog Anda. Untuk tes, silahkan klik kanan menu tersebut dan akan muncul berbagai pilihan resolusi. Klik salah satu. (Jika ingin tes dengan resolusi kustom, silahkan klik customize dan tentukan sendiri Angkanya)
Setelah Anda klik, maka otomatis browser Anda akan berubah ukuran. Itu menunjukkan tampilan blog Anda di resolusi lain. Seperti contoh blog ini dengan resolusi 800x600 hanya akan terlihat sedikit bagian saja.

Berbagai Cara Lain
1. Anda juga bisa tes dengan Google Browse Size
2. Addons Lain: ResizeIT
3. Addons Lain: Yet Another Window Resizer
4. Atau Anda bisa gunakan komputer Anda langsung. Pada tampilan desktop komputer Anda silahkan klik kanan. Lalu pilih properties.
Kemudian pilih Tab Settings dan Anda bisa atur resolusi Anda disana.

Ini bisa menjadi pertimbangan bagi Anda untuk tidak membuat blog yang terlalu lebar atau panjang, atau mungkin akhirnya Anda berniat benar-beanr pro dengan lebar fleksibel... Semoga bermanfaat...

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲