Host JavaScript Gratis Tak Terbatas di Blogger

| Jumat, 06 April 2012
Jika ingin blog Anda cantik dan lebih banyak fungsi, tentu Anda akan berurusan dengan Javascript. Jika berhubungan dengan ini tentu kita akan berbicara soal pemanggilan script. Anda perlu menyimpan script Anda sendiri agar lebih khusus hanya untuk Anda dan tidak dipanggil berbarengan (Baca: Sebaiknya, Membuat JavaScript Milik Anda Pribadi). Selain itu tempat Anda menyimpan script juga berpengaruh besar. Jika ingin yang bagus tentu layanan hosting premium jawabannya, tapi jika belum ingin rogoh kocek, saya pernah rekomendasikan hosting gratis dari Google (Baca: Host JavaScript di Google Code dan Host File di Google Site). Ada alternatif lain lagi? Jawabannya adalah menempatkan script Anda langsung di template Anda... Jujur, saya tidak lakukan ini karena membuat saya malas membaca kode di edit template yang sangat panjang... Namun dengan trik ini load bisa lebih cepat...

Perhatikan gambar berikut ini....

Pada bagian yang saya kotak kuning adalah script yang saya hosting di google Code. Nah, saat seseorang laod blog Anda, maka blog Anda akan meload script tersebut dari Google Code. Kelemahannya, jika Google Code mengalami gangguan, maka script tak terpanggil dan bisa membuat load blog error. Namun sampai saat ini saya selalu acungkan jempol untuk layanan Google yang cenderung stabil.

Jika Anda ingin letakkan langsung script di bagian template Anda, silahkan gunakan script berikut ini
<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
Letakkan Script Anda Disini
//]]>
</script>

Copy script tersebut dan gantikan script yang Anda host tadi seperti di atas, menjadi seperti ini. Perhatikan Gambar...

Pada bagian berkotak kuning ada tulisan Script Anda Disini.... , isi tersebut dengan script Anda. Buka dulu script Anda. Misal, Anda temukan kode seperti di bawah ini yang harus diletakkan di blog Anda:
<script src='http://replycomment.googlecode.com/files/commentreply.js' type='text/javascript'/>

Masukkan yang berwarna merah ke addresbar Anda. Beberapa layanan akan langsung menampilkan script panjang. Copykan kode tersebut pada bagian Script Anda Disini.... . Namun, jika saat Anda buka alamat yang berwarna merah, Anda diminta menyimpan sautu file, bukalah file tersebut dengan Notepad dan Anda akan dapatkan scriptnya.

Anda bisa tambahkan banyak sekali script seperti contoh di bawah ini:



Sekali lagi ini tak terbatas dan benar-benar gratis. Selain itu load juga cepat karena tak harus memanggil file dari luar, namun akan memenuhi bagian editor template Anda sehingga terkesan sangat panjang.... Satu Alternatif lagi tentang penyimpanan script tak terbatas langsung di Blogger. Silahkan pertimbangkan dan semoga bermanfaat....

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲